WELDING INSPECTOR

SERTIFIKAT

  1. Sertifikat Welding Inspector
  2. ID Card Welding Inspector

PERSYARATAN PESERTA

  1. Sarjana / Sarjana Muda D3 bidang Teknik / MIPA (Fisika)
  2. Pengawas Lapangan untuk proyek-proyek yang berkaitan dengan pengelasan (Proyek Pipa Penyalur perpipaan, Bejana Tekan/Ketel Uap, Platform Bangunan Kapal dan lain-lain.
  3. Inspektor NDT memiliki sertifikat ahli Radiography dan Ultrasonic dengan Pengalaman minimal 2 (dua) tahun.
  4. STM/SMA IPA memiliki pengalaman minimal 3 (tiga) tahun, atau mempunyai sertfikat NDT Level 2 atau UT Level 2
  5. Membawa Foto Copy Ijazah terakhir yang dilegalisir, Foto Copy Sertifikat keahlian yang diperoleh selama bekerja, Pas Foto ukuran   3 x 4 5 lembar berwarna, CV.
  6. Ahli Pengelasan yang berpengalaman

Fasilitas Pelatihan

  1. Sertifikat Welding Inspector (LPK & BNSP)
  2. ID Card Welding Inspector
  3. Modul Pembelajaran & Code Standart
  4. Jaket Almamater, ATK
  5. Snack & Coffee Break

Fasilitas Alumni

  1. Ikatan Alumni OTI QHSE Institution Se-Indonesia (Akses Grup Alumni dengan Info Loker Rutin)
  2. Diskon Alumni untuk seluruh pelatihan di OTI 

Syarat Training Online

  1. Memiliki Laptop/PC yang dapat mengoperasikan aplikasi zoom
  2. Memiliki akun email google
  3. Memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoperasikan zoom meeting
  4. Menginstal aplikasi TemanK3 Mobie dan Zoom Meeting

Daftar Isi

Latar Belakang

Welding Inspection adalah kegiatan pemeriksaan dalam rangka pengendalian dan penetapan mutu sambungan las sesuai dengan spesifikasi (Standart and Code) yang telah ditentukan.

Offshore technology Institute membuka training Welding Inspector yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah peserta training akan memperoleh pengetahuan tentang ketentuan yang berlaku dalam pemeriksaan pengelasan, pengetahuan bahan, proses dan metalurgi las, pengujian hasil las dan Metode NDT, dan Mechanical Test, pengetahuan dan pembuatan WPS, ABS rule dan ship structure, serta K3 dibidang pengelasan.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu bertindak sebagai welding inspector yang benar sehingga pekerjaan pengelasan, baik pada tahap perencanaan maupun tahap pelaksanaan, dapat dilakukan sesuai dengan prosedur pengelasan yang baku yang dengan demikian dapat dicapai mutu pengelasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Materi

  1. Pengetahuan Inspeksi Las berdasarkan Qualifikasi Welding Inspektor (WI), MIGAS, DEPNAKER dan memenuhi Standar Internasional Welding Inspektor AWS (Amerika) dan CSWIP (Eropa), API RP577.
  2. Metalurgi Las, Konstruksi Las, Desain Las, Material Teknik, Pengetahuan Mekanik Material dan Korosi.
  3. Pengetahuan DT (Pengujian Merusak) dan NDT (Pengujian Tak Merusak) berdasarkan ASME V dan ASTM.
  4. RBI (Risk Based Inspection) berdasarkan API RP580, BRD 581 dan AIM (Asset Integrity Management), ASME B3.8S PIMS (Pipeline Integrity System).
  5. Interpretasi Standar Kualifikasi Pengelasan berdasarkan Standard API 1104, ASME IX, AWS D1.1, BS5500 dan EN9700, EN 25817.
  6. Interpretasi Kriteria Penerimaan hasil pengelasan berdasarkan standard API 1104 (Piping Line), ASME VIII (Bejana Tekan), ASME B31.3 (Piping System), ASME I (Boiler) dan ASME B31.1 (Power Piping) dan API 653 (Tank).
  7. Interpretasi Standard Engineering berdasarkan ASME B31.4 (Pipa Penyalur Minyak), ASME B31.8 (Pipa Penyalur Gas) API 570 (Piping System), API 650 (Storage Tank), NBIC dll..
  8. Praktek Pengelasan dengan Standard SMAW (Manual) dan GTAW (tig Welding) sesuai dengan Spesifikasi Prosedur / Record Las. Praktek Inspection; Visual Inspection,  DT dan NDT berdasarkan Standard ASME IX, API 1104, AWS D1.1, BS 5500,  dan EN 970,     EN 25817
  9. Keselamatan Kesehatan Kerja bidang Umum dan MIGAS, QA/QC Prosedur dan Inspektor Reporting System, Welding Safety, Hot Tapping.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Mengisi Form Online Pendaftaran Operator Forklift, Batas Pendaftaran H-10 Sebelum Pelaksanaan atau menyesuaikan kuota pelaksanaan
  2. Setelah mengisi form online peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dari kami terkait detail info pembayaran.
  3. Mengirimkan Bukti Pembayaran / Purchase Order melalui  Whatsapp Marketing Terkait, Batas Akhir: 7 Hari Sebelum Pelaksanaan
  4. Persiapkan data pribadi (copy ijazah, copy ktp, pas foto, surat rekomendasi perusahaan, pakta integritas, dst)
  5. Mengirimkan data persyaratan dan bukti pembayaran
  6. Kami akan memverifikasi berkas dan akan menghubungi peserta apabila ada yang kurang
  7. Untuk Online Class : Paket buku dan training kit akan kami siapkan untuk peserta ambil di kantor PT Kiat Global Batam Sukses, Training Kit juga dapat dikirim menggunakan Ekspedisi dengan Ongkos Kirim Ditanggung Peserta untuk peserta kategori personal.
  8. Untuk Offline Class : Training Kit akan diserahkan di lokasi pelatihan pada hari H Pelatihan
  9. Peserta akan kami invite grup kegiatan untuk koordinasi lebih cepat.
  10. Briefing pelaksanaan kegiatan dilakukan pada H-3 kegiatan, briefing ini bersifat wajib agar peserta mengetahui teknis pelaksanaan kegiatan dan penggunaan aplikasi online training maupun tata tertib offline training.

Formulir Pendaftaran