PETUGAS P3K

SERTIFIKAT

  1. Sertifikat Petugas P3K KEMNAKER RI
  2. Lisensi Petugas P3K KEMNAKER RI

PERSYARATAN PESERTA

  1. Membawa Foto Copy Kartu Identitas.
  2. Membawa Foto Copy ijazah terakhir Min. SMA
  3. Softcopy CV (Riwayat Hidup)
  4. Membawa Pas Foto (4×6), (2,5×1,8) masing-masing 3 lembar (background merah)
  5. Surat Keterangan Bekerja dari Perusahaan (Jika utusan perusahaan)
  6. Mengisi Form Biodata Peserta
  7. Mengisi Pakta Integritas

Fasilitas Pelatihan

  1. Sertifikat Petugas P3K KEMNAKER RI
  2. Lisensi Petugas P3K KEMNAKER RI
  3. Modul Pembelajaran
  4. Jaket Almamater, ATK
  5. Lunch & Coffee Break

Fasilitas Alumni

  1. Ikatan Alumni OTI QHSE Institution Se-Indonesia (Akses Grup Alumni dengan Info Loker Rutin)
  2. Diskon Alumni untuk seluruh pelatihan di OTI 

Syarat Training Online

  1. Memiliki Laptop/PC yang dapat mengoperasikan aplikasi zoom
  2. Memiliki akun email google
  3. Memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoperasikan zoom meeting
  4. Menginstal aplikasi TemanK3 Mobie dan Zoom Meeting

Daftar Isi

Latar Belakang

Guna dapat mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan yang mendadak dan kecelakaan kerja yang tidak disangka- sangka  baik dari diri sendiri, teman sekerja atau dilingkungan kerja diperlukan pedoman Undang-undang No. 1 tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 03/Men/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.
Untuk itu  setiap perusahaan harus punya petugas P3K yang mendapatkan pelatihan dengan kurikulum yang sesuai dengan Permenakertrans No. 15/MEN/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K) di Tempat Kerja  dan mereka harus mendapatkan Lisensi dari KEMNAKER dengan syarat sebagai berikut :

  • Bekerja pada perusahaan yang bersangkutan :
  • Sehat jasamani dan rohani;
  • Bersedia ditunjuk menjadi petugas P3K
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang P3K di Tempat kerja yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan.

Materi

  1. Peraturan perudangan yang berkaitan dengan Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K)
  2. Dasar – dasar Kesehatan Kerja
  3. Dasar – dasar Pertolongan Pertama Pada kecelakaan (P3K)
  4. Anatomi dan Faal tubuh manusia
  5. Pedoman Penyediaan Fasilitas P3K
  6. Bahaya dan Penanganan terhadap sengatan panas, keracunan, paparan bahan kimia, kejang.
  7. Gangguan lokal (luka, perdarahan, luka bakar, patah tulang) dan tindakan pertolongannya.
  8. Gangguan Kesadaran dan tindakan pertolongannya
  9. Gangguan Pernafasan dan tindakan pertolongannya
  10. Gangguan peredaran darah dan tindakan pertolongannya
  11. Resusitasi jantung paru
  12. Evakuasi korban (Prosedur dan Para pengangkutan korban)
  13. P3K pada keadaan tertentu (P3K pada kecelakaan diruang tertutup/terbatas dan P3K sengatan listrik)
  14. Praktek

Tata Cara Pendaftaran

  1. Mengisi Form Online Pendaftaran Operator Forklift, Batas Pendaftaran H-10 Sebelum Pelaksanaan atau menyesuaikan kuota pelaksanaan
  2. Setelah mengisi form online peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dari kami terkait detail info pembayaran.
  3. Mengirimkan Bukti Pembayaran / Purchase Order melalui  Whatsapp Marketing Terkait, Batas Akhir: 7 Hari Sebelum Pelaksanaan
  4. Persiapkan data pribadi (copy ijazah, copy ktp, pas foto, surat rekomendasi perusahaan, pakta integritas, dst)
  5. Mengirimkan data persyaratan dan bukti pembayaran
  6. Kami akan memverifikasi berkas dan akan menghubungi peserta apabila ada yang kurang
  7. Untuk Online Class : Paket buku dan training kit akan kami siapkan untuk peserta ambil di kantor PT Kiat Global Batam Sukses, Training Kit juga dapat dikirim menggunakan Ekspedisi dengan Ongkos Kirim Ditanggung Peserta untuk peserta kategori personal.
  8. Untuk Offline Class : Training Kit akan diserahkan di lokasi pelatihan pada hari H Pelatihan
  9. Peserta akan kami invite grup kegiatan untuk koordinasi lebih cepat.
  10. Briefing pelaksanaan kegiatan dilakukan pada H-3 kegiatan, briefing ini bersifat wajib agar peserta mengetahui teknis pelaksanaan kegiatan dan penggunaan aplikasi online training maupun tata tertib offline training.

Formulir Pendaftaran